Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

Alhamdulillah.. Bulan penuh keberkahan telah tiba, dimana setiap amalan yg kita lakukan, akan diganjar berkali lipat oleh Alloh SWT. Namun beberapa hal sering kali mengganggu kekhusuan ibadah kita selama bulan Ramadan, salah satunya adalah belanja persiapan lebaran.

Belanja online dapat menjadi solusi menjaga kekhusuan ibadah. Tanpa harus meluangkan waktu yg banyak, kita bisa membeli berbagai produk persiapan lebaran dg mudah. Tinggal klik-klik, baju lebaran yg dipesan sudah diantar dan tiba di rumah kita. Tanpa membuang waktu, keringat dan kekhusuan ibadah.

Berikut tips agar belanja online lebih aman dan nyaman. Pastikan hal ini dilakukan, sebelum Ayah/Bunda berbelanja online. Hati-hati, penipuan bisa terjadi kapan dan dimanapun.

1. Pastikan berbelanja di toko online yg kredibel.

Penting memilih toko online yg kredibel dan terpercaya. Ada beberapa hal yg mencirikan toko online tersebut kredibel, diantaranya :

a. Menggunakan domain khusus atau resmi. Hindari berbelanja online dg domain umum seperti blogspot, wordpress dll. Belilah produk online di web-web resmi seperti kinzakids.agenafrakids.com ; kinzakids.bazarafra.com ; lazada.co.id ; bukalapak.com atau tokopedia.com

b. Fanpage toko online aktif dan rutin posting hal-hal yg berhubungan dg barang jualan, sharing hal bermanfaat, dll. Salah satu indikator sebuah toko online yg benar-benar berjualan adalah toko online aktif memposting foto-foto original barang jualannya. Tema/ nuansa foto yg diposting juga relatif sama. Jika mereka memposting foto stock atau workshopnya, maka terlihat kesamaan ruang/nuansa pada foto tsb. Sebagai refrensi, Ayah/ Bunda dapat melihat fanpage toko online berikut:https://www.facebook.com/kinzakids/

c. Coba cek akun personal dr orang-orang yg menggawangi / tim admin toko online tsb. Jika terlihat alay, friend nya tidak jelas, dll, sebaiknya berpikir ulang berbelanja di toko online tsb. Google memberikan solusi untuk kita mengetahui sepak terjang dari admin toko online. Misal, Ayah/Bunda bisa men-search nama : Novita Juanda atau Hendra Etri Gunawan di google. Maka Ayah/Bunda akan melihat liputan, tulisan, akun sosmed dll dr yg bersangkutan. Saat itulah Ayah/Bunda akan semakin yakin berbelanja di toko online tsb.

2. Pilih toko online yang sudah memiliki “brand” dan memberikan penjelasan seputar spesifikasi bahan, ukuran dll produk.

Ayah / Bunda pernah berbelanja online dan ternyata produk yang diterima tidak sesuai dengan ekspektasi awal? Kondisi ini terjadi karena produk tidak disertai kejelasan keterangan bahan, ukuran dll produk. Disaat Ayah/ Bunda membeli produk di toko online, pastikan terdapat keterangan yang jelas seputar bahan, ukuran dan keterangan lain yang dibutuhkan seputar produk. Mudahnya, Ayah/ Bunda dapat mengecek testimoni customers ke produk toko online guna memastikan produk yg akan dibeli, sebagaimana contoh berikut : https://www.facebook.com/kinzakids/photos/….

Ayah/ Bunda juga dapat langsung menggunakan google untuk memastikan bahwa produk yang dijual toko online tersebut adalah produk yang berkualitas. Misal jika Ayah/ Bunda sedang mencari produk anak muslim, seperti kaos anak, tas anak, dll, Ayah/ Bunda bisa men-search digoogle : Produk Anak Muslim No. 1 di Indonesia.

3. Berbelanjalah di toko online yang sudah bekerja sama dengan beberapa ekspedisi.

Kenapa? Hal ini akan memudahkan dan mastikan bawah paket yang Ayah / Bunda pesan lebih aman. Jika toko online sudah melakukan kerja sama, toko online akan lebih mudah untuk mentracking paket, dan bahkan bisa meminta pihak ekspedisi untuk mempercepat pengiriman paket jika terjadi kelalaian dari pihak petugas lapangan ekspedisi.

Demikian tips berbelanja online dg aman dan nyaman dari kami. Kami akan terus mengembangkan tips ini untuk memastikan Ayah / Bunda terbantu dalam menentukan toko online saat berbelanja. Semoga bermanfaat.

Foto Rupiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *